SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yang berarti melakukan optimasi website agar ditampilkan pada halaman utama / halaman atas pada search engine bila seseorang mengetikkan kata pencarian pada kotak search engine tersebut. Prosesnya adalah seseorang membuka search engine Google, Yahoo, maupun MSN, dan selanjutnnya ia akan mengetikkan kata pencarian pada kotak search engine dan kemudian akan ditampilkan list halaman yang memuat website-website yang sesuai dengan kata pencarian yang diketikkan orang tersebut.
Kegiatan SEO ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh webmaster (pemilik website atau blog) baik melakukan optimasi dari sisi internal (isi website atau blog) maupun dari sisi external (back link) agar websitenya bisa ditampilkan pada halaman utama sesuai dengan kata pencarian yang dibidik olehnya. Target Anda adalah minimal ditampilkan dalam 5 lembar halaman pertama pada search engine, lebih baik bila bisa ditampilkan pada halaman 1 atau 2, karena seseorang pengguna internet yang mengetikkan kata pencarian pada search engine, jarang membuka list website sampai lebih dari 5 lembar halaman, biasanya hanya halaman 1 dan 2 saja, dan dalam 1 halaman saja memuat 10 buah daftar website dan bila kemudian orang tersebut belum menemukan informasi yang dicarinya, ia akan mengetikkan kata pencarian lainnya.
Target utama dari kegiatan SEO ini adalah traffic yang diberikan dari search engine. Traffic SEO merupakan jumlah kunjungan yang didapat dari search engine, jadi seseorang mencari informasi pada search engine, kemudian ditampilkan website Anda, kemudian ia mengklik website Anda, dan membuka halaman website Anda. Dari traffic yang dihasilkan, sangat diharapkan bisa dikonversi menjadi penjualan untuk website yang menjual produk secara online. Dan traffic yang dihasilkan dari search engine tersebut merupakan ”targetted traffic”, ”targetted” karena pengunjung tersebut memang mencari informasi yang ditampilkan pada website Anda.
Beberapa Istilah SEO :
- Content
Isi dari website Anda harus memuat banyak kata kunci pencarian sesuai dengan kata
kunci pencarian yang dibidik. Kata kunci pencarian adalah kata-kata yang diketikkan oleh
pengguna internet pada search engine dalam mencari informasi yang diinginkannya.
- Back Link
back link ini merupakan link website Anda yang ditampilkan pada website orang
lain. Kualitas back link ini bisa mempengaruhi page rank (rangking) website Anda, semakin
tinggi page rank maka search engine menilai website Anda memuat content (isi) website yang
berkualitas untuk ditampilkan pada hasil pencarian. Kualitas back link ini berasal dari website
yang menaruh link ke website Anda.
- Domain
Dalam pemilihan nama domain Anda pertama kali, usahakan agar terdapat keyword
(kata kunci pencarian) pada nama domain Anda.
- Title dan Meta tags
Untuk website Anda, Anda perlu membuat title dan meta tags yang memuat
kata kunci pencarian yang Anda bidik
- Sitemaps
sitemaps adalah halaman yang menampilkan peta link pada website Anda, sitemaps
memudahkan spider dari search engine untuk menelusuri isi website Anda dan mengupdate
setiap perubahan yang terjadi di website Anda pada database search engine. Untuk membuat
sitemaps Anda bisa menggunakan xml sitemap atau yang lainnya.
- Natural Listing
natural listing merupakan kegiatan mendaftarkan website Anda pada search
engine. Ada 4 buah search engine directory utama dimana Anda dapat mendaftarkan website
Anda.
- Google.com melalui http://www.google.com/addurl
- Yahoo.com melalui http://www.submit.search.yahoo.com
- MSN.com melalui http://search.msn.com.sg/docs/submit.aspx
- Dmoz.org melalui http://www.dmoz.org
Dan masih banyak lagi search engine directory lainnya.
0 comments:
Post a Comment